AKIBAT GLOBAL WARMING : POPULASI NYAMUK MENINGKAT

Posted on December 25, 2008. Filed under: Dampak global Warming, Global Warming | Tags: |

AKIBAT GLOBAL WARMING : POPULASI NYAMUK MENINGKAT

==================================

Berawal dari perbincangan teman-teman saya di milis Quan Yin, bagaimana cara mengusir nyamuk, saya mendapatkan banyak tips dan trik untuk menghadapi binatang yang satu ini. Sebenarnya saya deretan orang yang sayang binatang, tapi kalo sama binatang yang namanya nyamuk, duuh… kayaknya nggak dech, boro-boro sayang, bawaannya malah pengen ngusir aja!! Apalagi musim hujan panas nggak karuan gini, makin banyak aja binatang kecil masuk rumah, mengganggu sekali, terutama pada anak-anak. Terus apa hubungannya dengan Global Warming?

“Pemanasan global diyakini sebagai penyebab munculnya sejumlah wabah penyakit yang disebarkan oleh vektor. Sudah kita ketahui bahwa pemanasan global menyebabkan perubahan iklim sehingga juga merubah pola distribusi vektor-vektor tersebut sehingga juga mempengaruhi laju reproduksi dan maturasi dari agen infektif yang ada dalam tubuh vektor. Nyamuk sebagai tubuh vektor itu akan bergembira ria bertelur dan berkembang biak sangat cepat serta juga keinginan menggigit manusia atau hewan dan nafsu kawinnya sangat meningkat dengan adanya kenaikan temperatur. Dengan demikian makan penyebaran atau epidemi penyakit-penyakit itu menjadi makin besar dengan adanya pemanasan global. Dalam diskusi di kantor PB Ikatan Dokter Indonesia di Menteng tanggal 13 November 2007, guru besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia , Prof. Umar Fahmi Ahmadi mengatakan bahwa “ Peningkatan suhu bumi mempunyai dampak yang besar bagi kesehatan penduduk bumi”

“Prof Umar juga menambahkan bahwa nyamuk-nyamuk akan berimigrasi lebih banyak ke negara tropik dengan suhu 20 sampai 20 derajat Celcius dengan kelembaban udara di atas 60%. Suhu dan kelembaban setinggi ini merupakan keadaan ideal bagi nyamuk”, demikian penjelasan Bapak Pater Ananta, seorang pembicara seminar vegetarian.

Selain Global Warming, kebersihan dan juga kesehatan lingkungan perlu dijaga. Mencari tahu bagaimana nyamuk bisa masuk rumah, serta dimana mereka bersarang. Pastikan setiap celah lubang angin yang ada di jendela, pintu maupun ruangan yang terdapat ventilasinya dipasangi kawat nyamuk. Tidak ada genangan, tampungan atau pun saluran air yang menjadi media nyamuk untuk berkembang biak. Pada tempat tidur bisa dipasangin kelambu, sesuaikan dengan ukuran dan posisi senyaman mungkin agar mudah dalam membuka dan menutupnya. Saat anak bermain, agak repot juga jika harus mengawasinya terus menerus dari gigitan nyamuk, bisa dioleskan minyak telon atau minyak obat nyamuk sebagai antisipasinya. Di pekarangan rumah bisa juga ditanami jenis-jenis tumbuhan yang tidak disukai nyamuk, beberapa diantaranya lavender, suren, akar wangi, zodia, geranium, dan juga pohon neem. Untuk pohon Neem ini di India, digunakan sebagai pohon pengusir serangga dan juga ditakuti oleh hama, beberapa juga sudah dimanfaatkan menjadi minyak dari pohon neem ini, jadi kita bisa praktis langsung menggunakannya, tapi juga nggak ada salahnya menanam pohon ini dipekarangan atau depan rumah. Anda punya tips lainnya untuk mengusir nyamuk yang bandel, ayo sharing disini……!

Sumber : http://bayivegetarian.com/

================================

AKIBAT GLOBAL WARMING : POPULASI NYAMUK MENINGKAT

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: