PEMANASAN GLOBAL

Posted on January 29, 2009. Filed under: Global Warming | Tags: , |

PEMANASAN GLOBAL

=============

global-warming

Kegiatan manusia sehari-hari tidak luput dari penggunaan sumber-sumber daya alam seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam. Manusia senantiasa menggali sumber daya alam tersebut secara besar-besaran. Sehingga dari hasil tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun, manusia juga lalai untuk menjaga, merawat dan melindungi alam. Maka sering terjadi bencana alam karena ulah manusia itu sendiri. Salah satu bencana tersebut mengenai pemanasan global Menurut orang awam, pengertian pemanasan global adalah naiknya suhu permukaan bumi. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya efek rimah kaca di atmosfer. Peningkatan itu terjadi karena beberapa hal seperti : Bertambahnya jumlah karbondioksida (CO2) yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam dll) oleh beberapa pabrik / perusahaan industri. Sehingga terjadi pula pencemaran baik di tanah, air, udara. Selain itu ada pula penggundulan hutan secara besar-besaran. Dan masih banyak lagi sebab-sebab lainnya. Dengan demikian terjadi akibat pemanasan global yaitu mencairnya mencairnya es dikutub utara dan kutub selatan. Pencairan es tersebut mengakibatkan pula permukaan air laut . Sehingga memperbesar resiko banjir di wilayah sekitar pantai/laut. Ada pula terjadi perubahan iklim yang menjadi semakin panas dan kering. Apabila kejadian tersebut terjadi secara terus menerus maka dapat mengancam kehidupan manusia di Bumi. Setelah kita mengetahui dampak dari pemanasan global sangatlah serius. Maka kita perlu melakukan suatu perubahan tentang aktivitas penggunaan sumber daya alam. Agar jangan sampai merugikan seluruh makhluk hidup. Adapun pula yang dilakukan diantaranya adalah mengurangi emisi karbondioksida yang berate penggunaan bahan bakar fosil untuk industri harusah dikurangi. Menghentikan penggundulan hutan serta penanaman kembali hutan yang telah gundul secara intensif. Namun, tanpa adanya kesadaran dari kita sebagai manusia maka upaya mengurangi pemanasan global tidak akan berhasil. Pastinya kita ingin kehidupan yang seimbang (balance) dengan alam. Sehingga kelak anak cucu kita juga dapat menikmati hasil sumber daya alam yang sangat berlimpah.

=============

PEMANASAN GLOBAL

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “PEMANASAN GLOBAL”

RSS Feed for Firmansyah’s Weblog Comments RSS Feed

Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.
Dan tahukah teman2 Mesin pendingin menggunakan Freon (CFC, HFC, HCFC) sbg bahan pendinginnya, didalam freon mengandung Chlor & Fluor. Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510, artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2, sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15, artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: