DAMPAK DAN EFEK TERBURUK GLOBAL WARMING

Posted on June 23, 2009. Filed under: Dampak global Warming, Global Warming, News | Tags: , , |

DAMPAK DAN EFEK TERBURUK GLOBAL WARMING

================

dampak_buruk_global_warming

Global warming telah menyebabkan berbagai masalah untuk manusia. Mulai dari bermunculan dan menyebarnya penyakit berbahaya sampai suhu bumi yang semakin tinggi yang mengancam masa depan manusia. Berikut akan diulas satu-persatu dampak terburuk global warming :

1. Global warming membantu penyebaran penyakit

Di berbagai belahan dunia, khususnya bagian utara dunia dan afrika banyak penyakit seperti demam berdarah dan malaria yang penyebarannya dilakukan oleh serangga, yaitu nyamuk.  Padahal serangga itu sendiri akan cepat berkembang biak di suhu ideal dan suhu ideal itu sendiri saat ini semakin mudah dijumpai karena pemanasan akibat global warming. Selain itu banyak serangga seperti nyamuk yang berpindah ke arah utara karena suhu di utara yang hangat. Serangga tersebut sebagian besar mambawa bibit penyakit sehingga membantu penyebaran penyakit.

Nyamuk

2. Menghangatkan laut dan meningkatkan jumlah angin topan

Ketika suhu laut meningkat akibat global warming akan meningkatkan frekuensi terjadinya angin topan. Selain itu laut yang semakin panas akan menghasilkan angin topan yang semakin kuat.

Angin topan

3. Peningkatan Frekuensi dan Intensitas Kekeringan dan Gelombang Panas

Ketika global warming terjadi, beberapa bagian bumi akan memiliki kelembapan yang amat tinggi, sedangkan di daerah lain di bumi akan menderita kekeringan dan gelombang panas yang amat serius.  Afrika akan menerima dampak terburuk dari global warming ini, selain itu kekeringan yang amat parah juga akan terjadi di eropa, tak terkecuali negara kita tercintai ini, Indonesia. Di Afrika, air adalah barang yang amat mahal dan langka. Menurut Intergovernmental Panel on Climate Change, global warming akan menyebabkan keadaan yang semakin menegangkan yang dapat menyebabkan terjadinya konflik dan perang.

gelombang_panas

4. Mengguncang Dunia Ekonomi

Sebagian dampak global warming menyebabkan dampak yang teramat parah, salah satunya adalah di bidang ekonomi. Global warming akan menyebabkan banyak saham dan nilai tukar rupiah jatuh karena terjadinya bencana alam, semakin banyaknya penyakit dan juga konflik dan perang berkepanjangan.

Dunia ekonomi

Tunggu updatenya…..

================

DAMPAK DAN EFEK TERBURUK GLOBAL WARMING

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “DAMPAK DAN EFEK TERBURUK GLOBAL WARMING”

RSS Feed for Firmansyah’s Weblog Comments RSS Feed

Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: